FKKS Muhammadiyah Jawa Barat Segera Buka 10 Outlet Logmart

GARUT, Suara Muhammadiyah – Semangat mengkaji dan menyiapkan langkah-langkah praktis mengembangkan ekonomi terus dilakukan warga Muhammadiyah. Kali ini elemen kepala sekolah Muhammadiyah Jawa Barat, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Sekolah Muhammadiyah se-Jawa Barat (FKKS) menginisiasi kegiatan sharing bisnis untuk seluruh kepala sekolah Muhammadiyah di Jawa Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Garut, Jawa Barat ini dihadiri sekitar 30 kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Muhammadiyah) dari berbagai sekolah di Jawa Barat, Rabu (26/06/2021).

Selain diisi dengan pengarahan dan penguatan kegiatan kepala sekolah, kegiatan ini juga menghadirkan Deni Asyari Direktur Utama Suara Muhammadiyah sebagai narasumber untuk membicarakan strategi membangun jaringan bisnis di lingkungan sekolah.

Dalam kegiatan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, kepala FKKS Muhammadiyah Jawa Barat, Jamjam Setiabudi mengatakan, bahwa sudah saatnya sekolah-sekolah Muhammadiyah di Jawa Barat berpikir untuk mengembangkan sayap bisnis baru di lingkunganya, seperti Logmart yang sekarang sedang mendapat perhatian warga Muhammadiyah.

Sementara itu, Deni Asyari sangat menyambut baik ide dan konsep dari kepala sekolah Muhammadiyah se-Jawa Barat untuk menghadirkan jaringan bisnis. Sebab, menurutnya, sudah saatnya, gerakan ekonomi menjadi perhatian di lingkungan Muhammadiyah. Paling tidak, melalui sekolah, kita bisa mengawali membangun kultur enterpreneurship ini.

“Semangat warga Muhammadiyah dalam berbisnis, belum berbanding lurus dengan kultur yang dimiliki. Sehingga, ketika menjalankan bisnis. Sering terjadi trouble dan masalah. Hal ini terjadi karena semangat kita berwirausaha belum didukung kultur yang kuat,” ungkap Deni.

Oleh karenanya, Deni mendorong agar membangun kultur enterpreneurship ini, bisa diawali di lingkungan sekolah. Dengan tujuan, kewirausahan, menjadi perhatian penuh bagi pelajar dan kade-kader Muhammadiyah.

Deni pun memaparkan konsep bisnis Logmart yang bisa dikembangkan di lingkungan sekolah dengan model Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS).

Sebagaimana rencananya, menurut Jamjam, ada sekitar 10 sekolah di Jawa Barat yang akan mencoba untuk membuka jaringan Logmart sebagai pilot Project ke depan. Dan sebagai tindak lanjut ke depan, sedang dipersiapkan beberapa sekolah di Garut untuk pembukaan Logmart. (Red)

Sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2021/05/27/fkks-muhammadiyah-jawa-barat-segera-buka-10-outlet-logmart/