Resmikan Pusat Keunggulan di UMP, Haedar Apresiasi Pertumbuhan UMP

Purwokerto – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir bersama Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir; Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jebul Suroso; dan Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media (PT SCM) atau Suara Muhammadiyah, Deni Asy’ari; Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas, Ibnu Hasan meresmikan sejumlah fasilitas di lingkungan kampus UMP yang akan menjadi central keunggulan dan bisnis. Langkah ini dilakukan sejalan dengan ikhtiar Persyarikatan Muhammadiyah dalam mewujudkan misi gerakan dakwah di berbagai sektor kehidupan. Adapun fasilitas yang diresmikan dan dibangun diantaranya, logmart asrama unggulan UMP, logmart kalibagor, klinik UMP Tambaksari, mocaf research centre and production house of UMP, pusat studi kebijakan dan inovasi kesehatan UMP, serta peletakan batu pertama ump central edu dan gedung 2 TK dan SD UMP. Acara ini dilangsungkan bersamaan dengan pengajian dalam rangka memperingati milad Muhammadiyah ke-109 oleh Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si, Selasa (14/12).

“DNA Muhammadiyah itu membangun untuk kemajuan bangsa. Muhammadiyah sadar bangsa ini ada masalah, ada kemajuan dan tantangan, kuncinya kita harus terus berbuat membangun sesuatu yang berharga.” ujar Haedar saat setelah meresmikan logmart dan menandatangani lima prasasti bisnis UMP

Lebih lanjut, Haedar menambahkan, dengan melahirkan usaha-usaha baru ini diharapkan bisa menguatkan basis ekonomi masyarakat Indonesia. Sebagaimana semangat Muhammadiyah dalam menjalan dakwah amar makruf nahi munkar, menghadirkan Islam berkemajuan yang rahmatan lil- ‘alamin. Haedar juga berpesan untuk UMP telah tumbuh menjadi kampus yang unggul, center of excellent, melalui pusat-pusat studi yang dibentuk dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meskipun bangsa Indonesia masih lemah dalam persoalan ini, namun Muhammadiyah dan UMP tetap optimis ke depan untuk ikut serta menjadi solusi bagian di dalamnya.

Rektor UMP juga optimis ke depan bisa menjadi kampus yang unggul di tahun 2022 dengan menciptakan pusat keunggulan dengan berbagai langkah mulai dari peningkatan fasilitas kampus, pusat studi, dan target mahasiswa UMP bisa terlaksana sesuai dengan harapan.
Sementara itu, Deni Asy’ari menyambut baik kepada UMP atas pendirian dua logmart yang menjadi bagian dari pusat bisnis keunggulan kampus. Untuk pertama kalinya, logmart diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah bersamaan dengan peresmian pusat studi, bisnis mocaf, maupun peletakan batu pertama. Logmart pertama di lingkungan kampus ini selanjutnya bisa menjadi terobosan dalam mendorong perekonomian kampus. Perguruan Tinggi tidak lagi hanya bergerak pada bidang pendidikan, justru potensi dan peluang ekonomi bisa dikembangkan di sana sebagai bagian dalam kemandirian ekonomi.

“Kami ucapkan selamat atas pendirian pusat keunggulan lini bisnis dan pendidikan UMP. Untuk pertama kalinya, logmart ini dikerjasamakan dengan perguruan tinggi muhammadiyah maupun aisyiyah. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Ketua Umum dan juga Pak Rektor, semoga kampus ini bisa terus tumbuh untuk menjadi kampus center of excellent.”tuturnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyumas atau yang mewakili, Wakil Polresta Banyumas, Ketua Babinsa Banyumas, Pimpinan Kampus UMP, segenap Pimpinan di lingkungan Banyumas Raya, organisasi otonom, serta civitas akademika UMP secara hybrid baik offline maupun online melalui zoom. (red)